Download Surat Pengajuan STRA dan Pernyataan Mematuhi Peraturan Berlaku

Lama sekali tidah mengisi blog ini, terimakasih pengunjung mau mencapai 50.000, mohon maaf belum bisa membalas diskusi, insyaallah nti kita bahas masalah2 yang sudah masuk di blog ini.

Mengingat PP51 telah berlaku dan telah keluar juknis nya di PERMENKES No. 889/MENKES/PER/V/2011TENTANG REGISTRASI, IZIN PRAKTIK, DAN IZIN KERJA TENAGA KEFARMASIAN , salah satu syarat nya adalah pengajuan STRA sebgai ganti SP/SIK Apoteker dengan kata lain apabila aturan ini ditegakkan, SP/SIK yang ada tidak berlaku alias tidak bisa praktek profesi apoteker, mekanisme pengajuan STRA melalui IAI setempat.

surat permohonan pengajuan stra
Surat pernyataan mematuhi peraturan perundang undangan dan etika profesi

Untuk memperjelas, berikut sy copas dari blog sebelah mengenai rangkuman Permenkes No. 889/MENKES/PER/V/2011TENTANG REGISTRASI, IZIN PRAKTIK, DAN IZIN KERJA TENAGA KEFARMASIAN saya koreksi karena ada yang salah

Pada tanggal 3 Mei 2011, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 889/MENKES/PER/V/2011TENTANG REGISTRASI, IZIN PRAKTIK, DAN IZIN KERJA TENAGA KEFARMASIAN.

Berikut ini ringkasan dari peraturan tersebut:

Pekerjaan kefarmasian adalah pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian atau penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional.

Tenaga kefarmasian adalah tenaga yang melakukan pekerjaan kefarmasian, yang terdiri atas Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian

Apoteker adalah Sarjana Farmasi yang telah lulus sebagai Apoteker dan telah mengucapkan sumpah jabatan Apoteker.

Tenaga Teknis Kefarmasian adalah tenaga yang membantu Apoteker dalam menjalankan pekerjaan kefarmasian, yang terdiri atas Sarjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi, Analis Farmasi dan Tenaga Menengah Farmasi/Asisten Apoteker;

Setiap tenaga kefarmasian yang menjalankan pekerjaan kefarmasian wajib memiliki surat tanda registrasi berupa:

  • Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA “di blog sebelah salah STRK”) yang dikeluarkan oleh Komite Farmasi Nasional (KFN)
  • Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK) yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi

STRA dan STRKTT berlaku untuk jangka waktu 5 tahun dan dapat diregistrasi ulang selama memenuhi persyaratan.

Persyaratan untuk memiliki STRA (“di blog sebelah salah STRK”) meliputi:

  1. memiliki ijazah Apoteker;
  2. memiliki sertifikat kompetensi profesi;
  3. memiliki surat pernyataan telah mengucapkan sumpah/janji Apoteker;
  4. memiliki surat keterangan sehat fisik dan mental dari dokter yang memiliki surat izin praktik; dan
  5. membuat pernyataan akan mematuhi dan melaksanakan ketentuan etika profesi.

Persyaratan untuk memiliki STRKTT:

  1. memiliki ijazah sesuai dengan pendidikannya;
  2. memiliki surat keterangan sehat fisik dan mental dari dokter yang memiliki surat izin praktik;
  3. memiliki rekomendasi tentang kemampuan dari Apoteker yang telah memiliki STRA, atau pimpinan institusi pendidikan lulusan, atau organisasi yang menghimpun Tenaga Teknis Kefarmasian; dan
  4. membuat pernyataan akan mematuhi dan melaksanakan ketentuan etika kefarmasian.

Apoteker warga negara asing lulusan luar negeri yang akan menjalankan pekerjaan kefarmasian di Indonesia dalam rangka alih teknologi atau bakti sosial harus memiliki STRA Khusus yang dikeluarkan KFN dan berlaku selama 1 Tahun.

Setiap tenaga kefarmasian yang akan menjalankan pekerjaan kefarmasian wajib memiliki surat izin sesuai tempat tenaga kefarmasian bekerja yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Surat izin yang dimaksud berupa:

  • Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA)
  • Surat Izin Kerja Apoteker (SIKA)
  • Surat Izin Kerja Tenaga Teknis Kefarmasian (SIKTTK)

Peraturan ini juga mengatur tentang Komite Farmasi Nasional (KFN). KFN adalah lembaga yang dibentuk oleh Menteri Kesehatan yang berfungsi untuk meningkatkan mutu Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian dalam melakukan pekerjaan kefarmasian pada fasilitas kefarmasian

Peraturan Menteri ini mencabut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 184/Menkes/Per/II/1995 tentang Penyempurnaan Pelaksanaan Masa Bakti dan Izin Kerja Apoteker dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 679/Menkes/SK/V/2003 tentang Registrasi dan Izin Kerja Asisten Apoteker. Keduanya dinyatakan tidak berlaku sejak tanggal 3 Mei 2011.

Semoga bermanfaat.

About these ads

31 comments so far

  1. UNie on

    Thanks infonya, btw surat pengajuan stranya diantar/dikirim kemana ?

    • Arul on

      Nah itu dia, sampai saat ini KFN belum tau alamatnya dimana, sementara si tampung di IAI setempat, menurut kabar, kedepan bisa online pengajuannya

  2. skyzofrenic on

    Terima kasih sekali, akhirnya yang kucari ada disini. Sekali lagi, makasih Bang Nasrul

  3. NgePas on

    Terima kasih…

  4. lintang on

    Dirjen Binfar dan Alkes, Kantor Kementerian Kesehatan RI
    Jl. HR. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 4-9 Jakarta
    Lantai 8, Ruang 108

    katanya permohonan pengajuan STRA dibawa langsung ke alamat di atas pak

  5. hendrik on

    Halo.. saya barusan telp IAI, menurut mereka sp sudah tidak berlaku, menunggu pemberlakuan stra tanggal 1 september.. wah, berarti apotek2 yang ada saat ini ilegal semua donk.. krn belum punya stra..

    begitu juga dengan pendirian apotik baru, apakah boleh buka saja tanpa stra, kan sama saja dengan apotek lama yang tidak ada stra.. haha..

  6. Yustine on

    diantar ke
    Dirjen Binfar dan alkes
    kantor kementerian kesehatan RI
    jl. H.R.Rasuna said blok X 5 Kav.4-9
    lt.8, ruang 108

    -Yustine-

  7. nana on

    halo, pak, saya numpang tanya…kalo minta surat rekomendasi dari organisasi setempat kan dulu perlu surat lolos butuh dari IAI, pengurusan lolos butuh kan dulu perlu surat bukti lapor dinkes. padahal skrng sejak keluarnya permenkes 889 surat bukti lapor sudah tidak ada. lalu bagaimana caranya? terima kasih bayak

  8. Irma on

    Klo belom punya SP gmn? jadi ngurusnya SP dulu apa STRA ya?? tadi waktu nelp IAI harus punya SP dulu baru bisa ngurus STRA. Gimana ya baiknya??

  9. evita on

    kalau SP saya hilang bagaimana ya prosedur pengurusan STRA,apakah teman sejawat ada yang bisa membantu,karna dari pihak IAI tidak dapat memberikan solusi..terima kasih

  10. Putri on

    Kalau STRTTK cma di ajukan k dinas kesehatan provinsi saja pak?

  11. jar on

    kalo untuk yang ada di luar jawa di kirimin ke alamat itu aja ya???

    trusw ntar dari sana apa mereka mau ngirim ke alamat pemohon STRA ato gimana???

  12. via tc on

    wah… klo mo buka aptk baru gmn? nunggu smp kpn?

  13. arum on

    kira2 jadinya brp lama sih klo diantar lgs? biayanya brp?

  14. matheus on

    salam…

    Berarti kalo kita jadi APA or Kerja di Industri gitu gak perlu lagi buat SIPA/SIK dong…..?? Ato setelah STRA jadi kita buat SIPA/SIK lagi untuk kita bisa melakukan pekerjaan kefarmasian.

    Mohon penjelasannya..
    Terima kasih.

  15. aedil on

    STRA lama pisan jadi’y euy
    mau cpt2 kerja malah ketahan ma STRA yg gk tau kabar’y gmna

  16. sari on

    dimana kami bisa mendapatkan informasi STRA sudah jadi atau belum ya? sekitar bulan agustus untuk yang kolektif dari kantor kami sudah pada jadi STRAnya, sedangkan kami yang mengurus person ke Depkes pada bulan yang sama kami belum terima sampai saat ini..Mohon informasinya kemana kami bisa mengakses informasi mengenai STRA ini? makasih. Sari

  17. Adiyah on

    @hendrik,,,ia gimana ini terhambat semua,,orang mau nyari kerja susah,,mau bisnis dipersulit. Kalau memang belum siap team KFN nya jangan mengeluarkan keputusan itu. Saya pernah telf untuk follow up hasil STRA saya lihat di website sudah selesai,,tapi sampai sekarang belum saya terima.,,jawaban dari depkes hanya,,maaf ya mba yang menanyakan hal ini bukan mbak aja,,mungkin mba orang yang ke seribu kali nya yang menanyakan hal seperti ini. Sama sekali tidak memuaskan

  18. risa on

    bapak/ibu KFN. kapan ni STRA kami selesainya. padahal udah diAjukan dari bulan juli kemarin tapi koq sampai sekarang belum selesai-selesai juga

  19. hendrik on

    Sudah urus stra 4 bulan tidak selesai harus komplain ke mana nih..

  20. zickria on

    ada yg punya artikel ttg etika apoteker di apotek gak ??? share donk terimkasih :-)

  21. riki on

    Assalamu’alaikum Kang,

    Kalau SIA berubah nama nggak kang? Persyaratan untuk penganjuan SIA kan salah satunya dengan melampirkan SP dan SK menkes, nah kalau sekarang (setelah diwajibkannya SIPA/SIKA) apa persyaratan untuk membuka apotek masih sama dengan persyartan pengajuan SIA? Kalau kang Arul tau persyaratannya, mohon di share kang..:nuhun

  22. Endunk on

    Menurut pemberitahuan di Atas, berarti Klo dah pny STRA g perlu SP dong…..

  23. amy on

    STRA sy blm selesai dari thn lalu, krn salah nama dan tanggal lahir sudah
    gmna ya >>>>>

  24. NUR RATNA NINGSI, S.Si., Apt on

    Aduh sy udah kirim semua bahan STRA DONG…KOK BELUM ADA KIRIMAN BALIK DARI KFN PUSAT GIMN NICH………..

  25. werin on

    katanya daftarnya udah online, webnya apa? qta yang tinggal d luar jakarta gmana dong?

  26. fitri on

    bentuk surat rekomendasi kemapuan dr institusi atau kampus atau apoteker seperti apa?
    ada yg bisa memberikan contoh ke saya….
    terima kasih…

  27. Midasnzj on

    I appreciate looking through your website. Thanks a ton!
    Regards – midsummer articles – K0nst4ntyn0

  28. Avrilia Wahyu Triyanti on

    Stra kok lm g jadi2 y..tlg pihak kfn utk bs menyelesaikannya krn itu penting bt kami.trm ksh

  29. Nancy on

    hallo, mau tanya dong

    untuk STRA mau minta legalisir harus ke IAI pusat ya? saya lulusan dari Universitas pancasila

    • Arul on

      Mmm biar ga ribet lain kali langsung scan, print warna deh… Pake printer yang bagus ya, Kaga usah legalisir tuh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: