PROTAP Perapotekan

Berikut ini adalah informasi Prosedur Tetap (PROTAP) Perapotekan yang diterapkan di kota/kabupaten pada umumnya di Indonesia

A. Dasar Hukum :
• PERMENKES No. No. 889/MENKES/PER/V/2011TENTANG REGISTRASI, IZIN PRAKTIK, DAN IZIN KERJA TENAGA KEFARMASIAN
Undang-undang Obat Keras
Undang-undang No. 22 tahun 1997 tentang Narkotika
Undang-undang No. 23 tentang Kesehatan
Undang-undang R.I. No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika
Undang-undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah
Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1990 tentang Masa Bakti dan Ijin Kerja Apoteker.
Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah Pusat dan Daerah.
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 51 TAHUN 2009 TENTANG PEKERJAAN KEFARMASIAN.
• Peraturan Daerah Kota/kab setempat
• Surat Keputusan Walikota/bupati setempat
Peraturan Menteri Kesehatan No. 922 / MENKES / PER / X / 1993 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Ijin Apotik
Surat Keputusan Menkes Nomor. 1332 / MENKES / SK / X / 2002.

B. Kegiatan :
• Apotik Baru
• Apotik Pindah Lokasi
• Apotik Penggantian Apoteker Penanggung Jawab
• Apotik Penggantian Pemilik Sarana
• Penutupan Apotik

C. Penanggung Jawab :
– Dinas Kesehatan Kota Setempat ( Seksi farmasi dari Sub Dinas – Pelayanan Kesehatan ).

D. Persyaratan :
1. Apotik Baru
• Pemohon ( Apoteker ) mengajukan ( AP-1 ) kepada Dinas Kesehatan Kota/kab Setempat dengan dilampiri persyaratan sebagai berikut :
• Fotokopi ijasah dan Sumpah Apoteker ;
• Fotokopi Surat Izin Kerja atau Surat Penugasan dan Surat Keputusan untuk APA yang dalam rangka menjalankan Masa Bakti ;
• Fotokopi KTP Apoteker ;
• Surat Keterangan sehat dari Dokter untuk APA ;
• Fotokopi Lolos butuh untuk APA yang akan bekerja di luar Propinsi Perguruan Tinggi setempat;
• Surat Pernyataan dari APA bahwa tidak merangkap bekerja di Apotik lain / Industri lain dan sanggup sebagai APA di Apotik dimaksud ;
• Fotokopi perjanjian kerjasama antara APA dan PSA ;
• Surat pernyataan PSA bahwa tidak pernah terlibat pelanggaran perundang-undangan dibidang Farmasi ;
• Peta Lokasi dan Denah Bangunan ;
• Status Bangunan dan kaitannya dengan PSA ;
• Daftar Asisten Apoteker dilampiri Fotokopi Ijasah dan SIK ;
• Surat izin Atasan untuk APA yang bekerja sebagai PNS/BUMN ;
• Surat keterangan ketenagaan APA dari Dinas Kesehatan Propinsi setempat yang menerangkan bahwa APA tidak bekerja di Apotik / perusahaan farmasi lain, kecuali ;
• Apoteker Pengelola Apotik (APA) yang mengurus perpanjangan ijin apotik.
• Apoteker Pengelola Apotik (APA) yang baru saja menutup kegiatan apotik yang dikelolanya tidak lebih dari 3 (tiga) bulan.
• Apoteker baru yang sudah memiliki Surat Penugasan (SP) dan Surat Keputusan Penempatan (SK)
• Fotokopi NPWP Pemilik Sarana Apotik ;
• Fotokopi Akte Pendirian PSA bila PSA berupa Badan Hukum / Koperasi / Yayasan ;
• Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan ;
• Surat Pernyataan APA / PSA sanggup memenuhi Ketentuan Pemerintah Kota/kab setempat.
• Setelah persyaratan semua lengkap Kepala Dinas memberikan tugas kepada tim pemeriksaan setempat untuk melakukan peninjauan lokasi.
• Kepala Dinas Kesehatan Setempat membuat Surat Penundaan bagi yang belum memenuhi syarat atau memberikan Surat Ijin Apotik bagi yang memenuhi syarat.

2. Apotik Pindah Lokasi : Pemohon ( Apoteker ) mengajukan ( AP-1 ) kepada Dinas Kesehatan Kota/Kab Setempat dengan dilampiri Persyaratan sebagai berikut :
• Status Bangunan dan kaitannya dengan PSA ;
• Peta Lokasi dan Denah Bangunan yang baru ;
• Surat Izin Apotik yang Asli ;
• Setelah persyaratan semua lengkap Kepala Dinas memberikan tugas kepada tim pemeriksaan setempat untuk melakukan peninjauan lokasi.
• Kepala Dinas Kesehatan Kota/kab setempat membuat Surat Penundaan bagi yang belum memenuhi syarat atau memberikan Surat Ijin Apotik bagi yang memenuhi syarat.

3. Apotik Penggantian APA Penanggung Jawab : APA Lama mengajukan Surat Permohonan Pengunduran Diri kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota/kab setempat dan mengusulkan penggantinya dengan dilampiri persyaratan sebagai berikut :
• Surat Pernyataan PSA sanggup bekerja sama dengan APA yang baru ;
• Surat Pernyataan APA yang baru bahwa sanggup menjadi APA di Apotiktersebut dan tidak merangkap bekerja di Apotik lain / Industri Farmasi lain ;
• Fotokopi Ijasah dan Sumpah APA yang baru ;
• Fotokopi SIK atau SP dan SK untuk APA yang dalam rangka menjalankan Masa Bakti Apoteker ;
• Fotokopi KTP APA yang baru. Setelah Terbitnya persetujuan dari Dinas Kesehatan Kota/kab setempat untuk penggantian APA dilampirkan dengan pengajuan permohonan SIA yang dilampiri persyaratan sebagai berikut :
• SIA lama yang asli ;
• Berita Acara Serah Terima Kefarmasian dari APA lama ke APA yang baru ;
• Fotokopi persetujuan Kepala Dinas Kesehatan Kota/kab setempat tentang penggantian APA ;
• Fotokopi ijasah dan sumpah APA yang baru ;
• Fotokopi SIK atau SP dan SK untuk APA yang menjalankan masa Bakti ;
• Surat pernyataan APA yang baru sanggup menjadi APA dan tidak merangkap bekerja di Apotik / Industri Farmasi yang lain ;
• Fotokopi KTP APA baru ;
• Surat Keterangan Sehat dari Dokter untuk APA baru ;
Fotokopi Akte Perjanjian kerjasama antara APA dan PSA ;
• Surat Ijin Atasan untuk APA PNS / BUMN.

4. Apotik Penggantian Pemilik Sarana : Pemohon ( Apoteker ) mengajukan Permohonan ( AP-1 ) Kepada Dinas Kesehatan Kota/kab setempatya dengan dilampiri persyaratan sebagai berikut :
• Fotokopi Akte Pengalihan Hak sebagai PSA dari yang lama ke yang baru ;
• Fotokopi NPWP atas nama PSA yang baru ;
• Fotokopi Akte Perjanjian Kerjasama APA dengan PSA yang baru ;
• SIA lama yang Asli ( atas nama PSA lama ) ;
• Status Bangunan dan kaitannya dengan PSA ;
• Surat pernyataan PSA bahwa tidak pernah terlibat pelanggaran Perundang-undangan di bidang Farmasi ;
• Fotokopi Akte Pendirian PSA untuk PSA berupa badan hukum / koperasi / Yayasan.

5. Penutupan Apotik : Persyaratannya :
• APA pemohon mengajukan permohonan Penutupan Apotik berikut alasannya dan sekaligus mengundurkan diri dari Apotik tersebut ;
• Mengembalikan SIA asli ;
• Berita Acara penyerahan Obat Keras, Psikotropika dan Narkotika dari APA pemohon ke APA Apotik lain yang masih beroperasi.

35 comments so far

  1. Diah "Dee2" on

    Eh, diposting sebelumnya kan d2 nanya ttg permenkes2n..d2 blm liat kl ada pilihan protap perapotekan…sory ya,rul…^-^V
    Thx loh protap perapotekannya,membantu banget:)

  2. Diah "Dee2" on

    Satu komen lagi ya..:)
    Mau info aja, dah dicoba buka link2-nya ada yg bisa dibuka ada beberapa yg ga bisa dibuka&tertulis page not found kenapa y?trus yg bussinea plan(bp-aplication).pdf jg ga bisa dibuka…tertulis image damage gt deh…
    ok deh, sampe sini dl d2 “ngubek2″ blog-nya nasrul, kalo mau tanya2 ttg apotek boleh ya?…thx a lot…salam buat keluarga:)

    • Arul on

      oh gitu ya… nti sy cek… sebetulnya tinggal gogling aja.. pasti ada koq peraturan tsb… untuk BP sy coba g ada masalah koq :)

  3. Diah "Dee2" on

    Iya,tnyt tadi nyoba download BP bisa koq..thx

  4. Riska Sisna R. on

    rul, mo nanya nih…
    aku kan mo ngurus izin apt di sayati, tp di tengah2 pengurusan persyaratan bwt izin aptk, ada kabar klo kontrak tempat yg skrg abis tahun 2010 bln Mei and ga bs diperpanjang lagi. so, PSA-nya berencana pindah ke Ciparay… Sebagai info, apotek ini dah lama ga ada apotekernya..
    Pertanyaannya :
    1. klo ngurus izin, masuk kategori apotek baru, apotek pindah tempat, apa apotek pergantian APA?
    2. namanya boleh tetep ga walau dah pindah tempat?

    Thx ya.. ditunggu jawabannya…

    • Arul on

      Secara administratif, di SIA jelas tertulis nama Apotek, Alamat Apotek dan Apoteker yang mengajukan SIAnya, koq aneh ya sudah lama ga ada apotekernya jangan2 SIAnya juga sudah lama ga ada, intinya apabila ada perubahan salah satu dari hal diatas SIA harus buat baru, tapi saya tekankan itu secara administratif, buktinya itu apotek bisa jalan tanpa SIA yg jelas… inilah Indonesia :)

  5. Erfiani on

    untuk Konsep dokumen protap, dan konsep pelaksanaan PMR dan format PMR. tolong ditambahkan. masih bingung buatnya gimana?
    terima kasih

  6. nunung on

    mau tanya om,pns bisa nggak buka usaha apotik? kalau tidak bisa peraturan apa yg mengatur .terima kasih ya….

    • Arul on

      sebagai PSA bisa, klo jadi APA seizin pimpinan…

  7. Erryka Amalia on

    em… mau nanya ini kan saya mau buka apotik,bisa minta referensi distributor farmasi yg murah ya…
    trus bisa minta daftar obat-obat apa aja yg didahulukan tuk dibeli….
    thanks

    • Arul on

      Distributor lengkap ada di buku ISO (Informasi Spesialite Obat) di toko buku banyak liat aja… murah engga nya tergantung jumlah pembelian, daftar obat ada di blog ini

  8. Ika on

    mohon pencerahan
    saya ingin buka apotik di jakarta timur tapi tempat usaha tersebut cuma punya imb tempat tinggal bukan imb tempat usaha.
    Apakah masih mungkin saya mendapatkan ijin dari dinkes jaktim, kira-kira prosedur apalagi yang harus dilewati?
    Info : tempat usaha tersebut status sewa

    • Arul on

      Kalo melihat permenkes Nomor : 922/MENKES/PER/X/1993, tidak tercantum SITU, coba aja tanpa situ, beberapa dinkes biasanya minta…

  9. Budi setyorini on

    mau tanya donk kalau persyaratan u/ penggantian kepala instalasi farmasi apakah sama dengan penggantian APA ya ?

  10. nie on

    Rul, mu minta format penutupan apotek dunk…kalo ada mau dikirim by email..thnx ya

  11. arlen on

    Pak Nasrul, sy mo tanya jika Apotik Penggantian APA Penanggung Jawab maka APA Lama mengajukan Surat Permohonan Pengunduran Diri kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota/kab setempat. Boleh liat contoh suratnya spt apa?karena dalam tampilan tidak ada. Terima kasih

    • Arul on

      Surat pengunduran diri seperti surat pernyataan aja… ditandatangan oleh apoteker yang mengundurkan diri ditujukan ke dinkes propinsi, lebih kuat pake materai… redaksinya bisa menyesuaikan

  12. martino on

    mau tanya klo seumpama masa kontrak sudah habis dan tidak ingin memperpanjang lagi, sedangkan saya selaku APA blm mndapat apoteker pengganti bagaimana ya>?

  13. emma on

    pak..saya mo nanya, klo mutasi itu diperlukan bagi yg beda pulau atau beda propinsi????
    apakah masa bakti APA di teruskan menjadi Apoteker pendamping bisa???
    bagaimana klo kontrak uda habis dan saya tidak dapat penggantinya, apakah saya tetap bisa keluar dr apotek???
    terimakasih atas perhatiannya dan mohon jawabannya di email saya……..

  14. triany on

    mo tanya yah..bingung bgt nih, mo buka apotek baru, beli perlengkapan alat2 apotek daerah bekasi dimana sih? untuk persyaratannya gitu..trus pbf daerah bekasi tau infonya gak ya? trus buat laporan2 bulanannya apa aja yg mesti dilaporkan tiap bulannya? emg kl beli obatnya itu boleh ke apotek lain? sori yah..banyak nanya..tolong dijawab secepatnya yah…coz msh banyak yg mo ditanya nih…

  15. ilyas on

    Saudara…saya sdg mengurus izin utk jd sub dis dan saya hrs membuat surat pernyataan ttg tidak terrlibat pelanggaran peraturan perundang-undangan farmasi..saudaraku ada contohnya ga ya?tlg di bantu ya…terimakasih

    • Arul on

      nti sy beri conto, hampir sama dengan pengajuan stra di postingan selanjutnya

  16. dee on

    yth. ibu triany… sdh jd buka apoteknya..???
    kebetulan kami sdg proses penutupan apotek.. persyaratan perlengkapan yg diharuskan dlm proses perizinan sudah kami miliki lengkap..
    jika ibu berkenan, mgkn ibu bisa beli ex apotek kami.. usia apotek kami hanya 1 thn (lokasi di jatibening) & perlengkapan hampir tdk kami pakai, hanya sbg syarat perizinan sj.. silahkan hub kami di no 02132672538 atau 08158092750.. thx..

  17. asril on

    Numpang tanya, bagaimana mencari ijazah apoteker / asisten apotek tanpa kuliah tapi resmi terdaftar, mengingat umur yang sudah tidak memungkinkan untuk kuliah lagi, karena sy mempunyai usaha Apotek ?? mohon informasinya,terima kasih

  18. nopchan on

    mau tanya, ada suatu rumah sakit selama ini masih terdapat apotek di dalamnya, tetapi instalasi tidak dijalankan. bagaimana caranya agar satu saja yang berjalan mengingat sekarang sudah tidak boleh ada apotek di RS. apakah bila apoteker mengurus penutupan apotek, maka secara otomatis RS menjalankan praktek kefarmasiannya di instalasi farmasi tanpa ijin lagi?? apakah ada prosedur lagi yang harus ditempuh rumah sakit?? trima kasih atas bantuannya…

  19. alfi on

    numpang tanya,
    1. kalo penanggung jawab instalasi farmasi di RS masih boleh pegang apotik di luar jam kerja? soalnya masih bingung nih dg istilah STR yg baru. apakah sama dengan STR-nya dokter berlaku utk beberapa tempat, ataukah berbeda ?
    2. kalo ada seorang apoteker PNS (mengurus registrasi kerja di tempat kerjanya), tapi kemudian dititipkan kerja ke provinsi lain krn suatu alasan tertentu utk wkt sekitar 1 th, bolehkan menjadi APA di tempat kerja yang dituju (double mjd APA di dua tempat)?
    mohon infonya ke email saya. terimakasih

  20. Ney on

    Pak saya mau tanya, klo untuk penggantian APA suatu apotek, sy coba tanya ke sudin setempat persyaratannya lain dari yang tercantum di atas. Tapi sy masih belum faham betul. bisa minta tolong dicarikan yang lebih detail? sebenarnya SP dan SIPA itu sama tau tidak? apa klo sudah punya SP harus mengurus SIPA lagi? tks

  21. susie on

    Saya mau tanya,,di daerah saya apotek dengan rs jaraknya jauh (kira2 4km),,saya apoteker di rs ingin membuka apotek untuk dijadikan apotek pendamping atau apotek pelengkap yang lokasinya sewa gedung RS,,apakah boleh?? sebelumnya saya ucapkan trimah-kasih atas jawabannya,,,

  22. andisyamsul on

    minta contoh surat berita Acara Serah Terima Kefarmasian dari APA lama ke APA yang baru ? lg butuh. makasih

  23. andisyamsul on

    minta contoh surat berita Acara Serah Terima Kefarmasian dari APA lama ke APA yang baru. lg butuh. makasih

  24. didit permadi on

    nanya nih, saya dimintai speciment dari distributor didalamnya ada kolom apa, aping dan aa , aping dan aa tdk mau tanda tangan dan serahkan no. sipa maupun sik (aa) dengan alasan takut double dengan tempat mereka kerja dulu. barangkali ada yg bisa kasih solusi dan dikit penjelasa.

  25. mike welfita on

    Pak saya mau nanya, apakah apoteker PNS boleh menjadi APA di apotek swasta. Trima kasih sebelumnya Pak

  26. Maya Yunita on

    Boleh mnta format penutupan apotek?
    Klo ada tolong kirim via email..
    Thanks b4….

    • Ida on

      Mba maya, apoteknya daerah mana? Apa minat diover ke saya. Ida …

  27. reni purnamasari on

    bpk arul,saya minta tolong ya,minta contoh format surat permohonan penutupan apotek ya via email,kirimin ke email saya ya pak.trimaksh byk.saya tunggu ya pak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: